Cara Melihat Tipe Laptop Melalui Command Promp / CMD

03.05
Cara melihat type dan serial number pada laptop

Repairan - Pada laptop yang sudah lama terpakai, kadang Serial Number atau tipe laptop yang biasanya terletak di bawah akan terkelupas atau terhapus.

Hal tersebut akan membingungkan ketika kita ingin mengetahui tipe laptop itu sendiri. Hal ini biasanya terjadi ketika kita ingin membeli laptop second.

Namun hal itu tidak perlu di permasalhkan, karena pada sistem operasi windows terdapat cara untuk mengetahui serial number atau tipe model laptop. Caranya adalah melalui command prompt atau cmd.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Buka aplikasi command prompt / cmd dengan menekan tombol windows dan R pada keyboard secara bersamaan.Akan keluar kotak dialog RUN, lalu ketikkan cmd pada text area. Maka akan keluar kotak dialog command prompt.

2. Pada kotak dialog command prompt ketikkan " wmic bios get serialnumber " , maka akan keluar informasi mengenai serial number dari laptop yang sobat gunakan.

3. Untuk mengetahui type atau nomor model laptop, ketikkan lagi perintah " wmic csproduct get name ". Maka akan keluar informasi mengenai tipe atau model laptop yang sobat gunakan.

Contohnya tipe laptop yang saya gunakan adalah 4736 Z, dapat sobat lihat pada gambar dibawah ini.

Cara melihat type dan serial number pada laptop

Demikian informasi mengenai cara melihat type dan serial number pada laptop menggunakan command prompt / cmd. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat. 

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda