Cara Merawat Laptop Yang Baik Agar Awet dan Tahan Lama

00.53
cara merawat laptop yang baik

Repairan - Halo sobat, pada artikel kali ini repairan akan memberikan tips cara merawat laptop yang baik agar awet dan tahan lama. 

Bagi sobat yang sehari-harinya bekerja, sekolah, kuliah atau yang mempunyai laptop yang mungkin untuk sekedar untuk bermain saja, tentunya menginginkan agar kondisi laptop sobat dalam kondisi yang baik agar dalam melakukan pekerjaan bisa lancar tanpa kendala.

Bagi sebagian orang, laptop merupakan barang yang mahal, sehingga perlu untuk dijaga. Karena kalau terjadi sesuatu pastinya akan mengeluarkan biaya lagi untuk penanganannya.

Disini repairan akan membagikan tips cara merawat laptop yang baik, supaya laptop sobat bisa lebih awet dan tahan lama. 

Untuk perawatan laptop, repairan akan membagi kedalam dua bagian, yaitu Hardware dan Software.

1. Hardware

Mengutip dari Wikipedia, hardware (perangkat keras) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada didalamnya atau yang beroperasi didalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dan menyelesaikan tugasnya.  

Jadi, hardware (perangkat keras) adalah bentuk fisik dari laptop itu sendiri, yang tampak dan bisa disentuh oleh sobat. Contohnya, LCD , Keyboard, mouse , touchpad, mainboard, dan lainnya.

Untuk cara merawat hardware laptop yang repairan berikan adalah sebagai berikut :

- Jangan mengoperasikan laptop di atas kasur, 

karena tekstur kasur yang lembut, sangat disarankan untuk tidak mengoperasikan laptop di atas kasur secara langsung. Jika sangat terpaksa, sebaiknya di beri alas dengan triplek atau buku. Tekstur kasur yang lembut akan menyumbat lubang ventilasi laptop yang berada di bawah. Hal ini menyebabkan panas yang dihasilkan tidak akan terbuang dengan sempurna.

- Jangan langsung menutup LCD laptop setelah dipakai

Sebaiknya setelah selesai memakai laptop jangan langsung di tutup, karena panas yang dihasilkan belum hilang. Jika langsung ditutup akan berpengaruh ke keadaan LCD laptop. Jika hal ini dilakukan terus-menerus, lama kelamaan LCD laptop akan timbul bercak- bercak.

- Bersihkan kipas dan ganti pasta prosesor secara rutin

Kipas prosesor berfungsi mengeluarkan panas yang dari prosesor. Biasanya kalau sering dipakai, kipas prosesor ini akan tertutup oleh debu sehingga panas tidak akan keluar karena tertahan oleh debu.
Sedangkan pasta merupakan sejenis bahan yang menghubungkan antara heatshink dan prosesor, sehingga panas dari prosesor di transfer ke heatshink. Pasta prosesor sendiri berfungsi agar tidak ada rongga antara prosesor dan heatshink, sehingga panas akan di salurkan dengan sempurna. Lama-kelamaan pasta akan mengeras dan kurang berfungsi dengan baik, jadi sebaiknya harus diganti.
Kedua proses ini merupakan langkah agar laptop tidak cepat panas atau overheat.

- Jauhkan dari benda cair

Sangat disarankan agar laptop sobat dijauhkan dari benda-benda yang bersifat cairan. Tujuannya adalah supaya memperkecil resiko kesalahan yang disebabkan oleh tumpahnya cairan tersebut ke atas laptop sobat. Jika sampai tertumpah akibatnya bisa fatal, karena menyebabkan konsleting komponen mainboard di dalam laptop sobat.

- Lepas charger jika baterai sudah penuh

Laptop generasi baru biasanya sudah ada sensor yang dapat mendeteksi jika baterai sudah penuh maka charger akan terputus secara otomatis. Namun untuk langkah jaga jaga, sebaiknya lepas charger dari laptop jika baterai sudah terisi penuh. Hal ini bertujuan untuk menjaga kondisi baterai agar tetap awet.

2. Software

Maksud software ini adalah tips agar data dan sistem operasi yang di instal di laptop sobat aman dan awet. Apa saja yang dilakukan, ini tips yang repairan berikan.

- Pasang antivirus

antivirus merupakan sebuah program aplikasi yang berfungsi untuk melindungi data sobat dari program-program yang sangat merugikan. Untuk melindungi data sobat, sebaiknya pasang antivirus yang menurut sobat baik untuk digunakan. Antivirus ini sendiri berfungsi untuk melindungi sistem operasi yang di instal tidak mengalami kerusakan akibat dari virus itu sendiri.

- Gunakan aplikasi pembersih junk file

Junk file jika di artikan dalam bahasa indonesia adalah file sampah, yaitu file yang tidak berfungsi sama sekali yang keberadaannya hanya membuat berat performa laptop sobat. File ini sebaiknya dihapus. Cara yang paling mudah untuk menghapusnya adalah menggunakan aplikasi. Contoh aplikasi yang biasa repairan gunakan adalah CCleaner. Alasannya adalah, CCleaner tersedia secara gratis dan tidak terlalu memakan resource yang besar.

- Defrag harddisk

Pengertian defrag adalah adalah suatu proses merapikan data pada harddisk untuk mempercepat pemrosesan data dan mengoptimasi kecepatan kerja komputer. Proses defrag bisa juga berfungsi untuk mengelakkan harddisk mengalami boot sector. Untuk melakukan defrag harddisk bisa menggunakan aplikasi Disk Defragmenter bawaan dari windows jika sobat menggunakan windows sebagai sistem operasi. Atau bisa juga menggunakan aplikasi luar yang dapat sobat install di laptop sobat.

- Install aplikasi yang sering digunakan

Sebaiknya laptop ynag sobat gunakan hanya di instal aplikasi yang sobat sering pakai saja. Hal ini bertujuan agar ruang harddisk sobat tetap mempunyai banyak space yang kosong dan tidak banyak aplikasi yang berjalan di belakang layar. 


Demikian artikel yang repairan bagikan mengenai cara merawat laptop yang baik agar awet dan tahan lama. Semoga memberikan manfaat bagi sobat repairan sekalian. 

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda